Sabtu, 29 Juni 2013

RPP dan SILABUS MATEMATIKA KD. MENJUMLAH DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh : Semester III (D) Andi wapa 201110132 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO 2011 / 2012 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : VI / II (Genap) Alokasi Waktu : 2 x 35 menit A. Standar Kompetensi 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. B. Kompetensi Dasar 5.2 Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan. C. Indikator 1. Kognitif Produk: a. Membandingkan dua pecahan serta letaknya pada garis bilangan.. b. Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan. c. Melakukan pengurangan berbagai bentuk pecahan. Proses: a. Menyelesaikan pertanyaan dalam LKS secara berkelompok, dalam menyelesaikan bentuk pecahan. b. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru. 2. Afektif Perilaku karakter siswa a. Mengembangkan sikap teliti/tekun saat melakukan diskusi kelompok tentang membandingkan dua pecahan. b. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu saat melakukan diskusi kelompok. 3. Psikomotor Menngumpulkan data. D. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif Produk: Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan pengolahan data, siswa dapat mengumpulkan data menggunakan kreatifitasnya sendiri dengan tepat. Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk persen. Siswa dapat menentukan pesentase dari banyak benda. Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal. Proses: a. Diberikan pertanyaan dalam bentuk LKS, secara berkelompok siswa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam melakukan pekerjaan dengan tepat. 2. Afektif Perilaku karakter siswa Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, jujur, kerjasama, dan mendengarkan pendapat teman. Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berpikir kreatif dan sistematis. 3. Psikomotor Diberikan LKS, siswa melakukan penjumlahan, pengurangan berbagai bentuk pecahan. E. Model dan Metode Pembelajaran Model Pembelajaran : Kooperatif tipe Problem Solving Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok, Tanya jawab, dan Ceramah F. Materi Prasyarat Pengerjaan hitung pecahan. G. Alat/Bahan Peralatan tulis menulis dan buku LKS. H. Materi Pembelajaran Penyajian dan Pengolahan Data 1. Menyajikan Data. 2. Mengolah Data. 3. Menafsirkan Hasil Pengolahan Data. I. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (+ 10 menit) No. Kegiatan Keterlaksanaan Rencana Perbaikan Guru Siswa 1. 2. 3. 4. 5. Guru menyampaikan salam dan berdoa bersama-sama sebelum KBM dimulai (untuk jam pertama). Guru mengecek kehadiran siswa. Apersepsi: Guru membimbing siswa untuk mengingat kembali tentang membaca data dalam bentuk diagram. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa. Orientasi: Menjelaskan kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan. Motivasi: Guru menjelaskan pentingnya memahami penyajian data dalam kehidupan sehari. Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas atau yang mewakili. Siswa menjawab panggilan guru. Siswa menyebutkan macam-macam diagram. Siswa memperhatikan penjelasan guru. Siswa memperhatikan penjelasan guru. Siswa memperhatikan penjelasan guru. Kegiatan Inti (+ 55 menit) No. Kegiatan Keterlak-sanaan Rencana Perbaikan Guru Siswa 1. 2. 3. Fase 1: Mengorientasikan siswa pada masalah Guru membagikan LKS untuk bahan diskusi kelompok. Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pemahaman konsep mengumpulkan dan menyajikan data. Fase 2: Mengorganisir siswa untuk belajar Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok Guru menjelaskan aturan main kerja kelompok Fase 3: Membimbing siswa memecahkan masalah Guru melakukan pengamatan dan pembimbingan kelompok yang mengalami kesulitan. Siswa menerima LKS untuk bahan diskusinya, dan menanyakan jika ada hal-hal yang kurang jelas. Siswa membentuk kelompok belajar dan memperhatikan penjelasan guru tentang tugas kelompok. Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan tugasnya. Penutup (+ 15 menit) No. Kegiatan Keterlak-sanaan Rencana Perbaikan Guru Siswa 1. 2. 3. 4. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang baru dilaksanakan. Guru member tes tulis secara individu. Guru meminta ketua kelas atau yang mewakili untuk memimpin doa. Guru mengucapkan salam. Siswa membuat suatu kesimpulan dari hasil pembelajaran. Siswa mengerjakan tes tulis secara individu. Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas atau yang mewakili. Siswa menjawab salam. J. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran 1. Kurikulum Sekolah (KTSP berkarakter). 2. SI dan SKL Matematika SD (KTSP, Departemen Pendidikan Nasional). 3. Lembar Kerja Siswa. K. Panilaian Hasil Belajar Teknik : Tes Lisan dan Tes Tertulis. Bentuk Instrumen : Kuis dan Isian. Instrumen : Selesaikan Soal-Soal Berikut. a). 2/5 + 1/3 = . . . b). 13/4 + 11/3 = . . . c). 6/7 + 1/4 = . . . d). 21/2 - 18/12 = . . . a). 0,73 + 0,65 = . . . b). 1,418 + 0,8 = . . . c). 0,954 – 0,271 = . . . d). 5,27 – 3,415 = . . . Mengetahui : Situbondo, ………..……… Kepala Sekolah, Guru Kelas, Nip. 19700307 199512 2 001 Nip. 19700120 199903 1 006 AWAL ISMO WAHID, S.Pd NIP. 19700120 199903 1 006 SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Sekolah DasarSMP Negeri 1 Panarukan Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : VI / II (Genap) Standar Kompetensi : Menjumlahkan dan Mengurangkan Berbagai Bentuk Pecahan. Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Bentuk Instrumen Instrumen Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan. Pengerjaan Hitung Pecahan. Membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan garis bilangan. Membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama dengan menyamakan penyebut. Menjumlahkan pecahan biasa yang penyebutnya berbeda. Menjumlahkan pecahan biasa yang penyebutnya berbeda. Menjumlahkan pecahan desimal. Mengurangkan pecahan biasa yang penyebutnya berbeda. Mengurangkan pecahan campuran. Mengurangkan pecahan desimal. A. Kognitif Produk: 1. Menembandingkan dua pecahan serta letaknya pada garis bilangan. 2. Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan. 3. Melakukan pengurangan berbagai bentuk pececahan. Proses: 1. Menyelesaikan pertanyaan dalam LKS secara berkelompok, dalam mengumpulkan data. 2. Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru. Tes Tes Tes Tertulis Soal Tes LKS 2x35 Buku Matematika kelas V Kurikulum Sekolah (KTSP berkarakter) Lembar Kerja Siswa. B. Afektif Perilaku Karakter Siswa 1. Mengembangkan sikap teliti/tekun saat melakukan diskusi kelompok tentang membandingkan dua pecahan . 2. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu saat melakukan diskusi kelompok. Non Tes Observasi Lembar Pengamatan Karakter Siswa C. Psikomotor Menngumpulkan data. Non Tes Observasi Lembar Penilaian Psikomotor Mengetahui : Situbondo, ……………….. Kepala Sekolah, Guru Kelas, Yustina Titik Riyanti Setya Dwi Jayanti NIP. 19700307 199512 2 001 NIP. 1970nti0120 199903 1 006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar